Mengenal Ba’dal Haji, Ketentuan, dan Proses Pendaftarannya

Semua umat muslim di Indonesia pastinya memiliki keinginan untuk beribadah haji ke Tanah Suci, Mekkah. Sayangnya, biaya untuk melaksanakan ibadah haji tidak sedikit dan bila Anda punya pun Anda harus menunggu antrean yang cukup panjang. Pada proses menunggu tidak jarang ada calon jemaah yang wafat sehingga tidak bisa melaksanakan ibadah haji ketika waktunya tiba. Ada opsi untuk ba’dal haji bagi orang yang sudah meninggal tersebut.

Badal haji ini bukan hanya untuk mereka yang tidak bisa menunaikan haknya untuk berangkat haji setelah mendaftar. Akan tetapi, juga bagi Anda yang ingin membadalkan orang tua atau kerabat yang sudah meninggal. Mari ketahui lebih lanjut mengenai badal haji terlebih dahulu dari Faraya Tours.

Apa Itu Ba’dal Haji?

Istilah ba’dal haji sekarang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Karena sekarang sudah makin banyak jasa travel umroh dan ibadah haji yang menawarkan badal haji kepada masyarakat di sekitarnya.

Badal haji merupakan ibadah haji yang dilakukan seseorang untuk orang lain sesuai dengan ketentuan ibadah haji. Dengan kata lain, badal haji ini sama dengan ibadah haji namun dengan pengganti.

Baca Juga: Cari Biro Haji Langsung Berangkat? Pakai Faraya Tours Saja!

Faraya Tour menyadari bahwa masyarakat Yogyakarta khususnya daerah Sleman, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Bantul ingin menghajikan orang tuanya yang sudah tua atau meninggal dunia. Meski tidak bisa berangkat sendiri ke Mekkah, tentunya pahala dan kebaikan tersebut setidaknya bisa sampai ke orang yang sudah meninggal, bukan?

Khususnya bila sebelumnya memang sudah berniat untuk menunaikan ibadah haji tetapi ajal sudah menjemput. Ba’dal haji yang Anda berikan bisa menjadi hadiah terbaik bagi mereka yang sudah meninggal.

Bagaimana Ketentuan Melakukan Ba’dal Haji?

ba'dal haji
Sumber: Unsplash.com

Sama halnya dengan ibadah haji maupun umroh, ada ketentuan untuk badal haji yang harus Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu. Faraya Tours memang bisa membantu mengurus sebagian besar urusan untuk membadalkan haji, tetapi ada syarat khusus bagi orang yang Anda badalkan. Nah, syarat ini harus terpenuhi dengan baik agar badal haji bisa Anda lakukan untuk orang yang bersangkutan.

Berikut ini adalah ketentuan atau syarat untuk ba’dal haji yang harus Anda penuhi.

Kondisi Orang yang Dibadalkan Haji

Seperti yang Anda ketahui bahwa badal haji adalah praktik ibadah untuk menggantikan ibadah haji seseorang. Orang yang bisa Anda badalkan hajinya adalah mereka yang tidak mampu melaksanakan sendiri ibadah haji sendiri. Kondisi tidak mampu bisa sakit, tidak mampu secara fisik, atau sudah meninggal dunia.

Pada kondisi sakit sekalipun perlu dilihat terlebih dahulu apakah ada kemungkinan bahwa orang tersebut bisa sembuh ataukah tidak. Apabila masih ada kemungkinan sembuh di kemudian hari, maka orang tersebut harus melaksanakan haji sendiri ketika sembuh. Oleh karena itulah, Anda perlu melihat dengan baik bagaimana kondisi orang yang ingin Anda badalkan sebelum memproses ba’dal haji di Faraya Tours.

Mampu Secara Finansial

Berangkat ibadah haji wajib hukumnya bagi mereka yang mampu secara finansial. Hal ini juga berlaku untuk badal haji. Anda yang tidak memiliki kemampuan finansial cukup tidak memiliki kewajiban untuk berhaji ataupun harus membadalkan haji orang lain.

Jadi, semisal orang yang ingin Anda badalkan memenuhi syarat kondisi boleh badal tetapi tidak mampu secara finansial, maka tetap tidak boleh Anda badalkan hajinya. Kedua syarat badal haji ini harus terpenuhi dengan baik untuk bisa melakukan badal haji.

Orang yang Membadalkan Haji Harus Sudah Haji

Anda mungkin berpikiran bahwa Anda atau keluarga lain bisa   menggantikan ba’dal haji untuk orang tua, bukan? Namun, untuk pengganti haji ini pun ada ketentuan tersendiri yang harus Anda penuhi. Untuk bisa menjadi seorang pengganti atau badal haji, Anda sudah harus berhaji terlebih dahulu sebelumnya. Tentu saja dengan syarat-syarat haji pada umumnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu karena di Faraya Tours ada pembadal haji yang siap membantu. Pembadal haji di Faraya Tours memiliki pemahaman yang baik terhadap haji secara menyeluruh dan pastinya memenuhi syarat untuk membadalkan haji orang lain. Jadi, Anda tidak perlu memkhawatirkan masalah pembadal haji untuk badal haji orang tua Anda.

Bagaimana Proses Pendaftaran Ba’dal Haji?

Pada dasarnya semua proses pendaftaran ba’dal haji di Faraya Tours bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Anda bisa mempercayakan semua urusan badal haji kepada jasa travel umroh dan haji di Jogja ini. Namun, tentu saja Anda harus tahu bagaimana proses pendaftaran dan pengurusan badal haji tersebut, bukan?

Karena hanya dengan demikian Anda bisa tahu bagaimana prosesnya hingga mendapatkan sertifikat badal haji untuk orang tua Anda. Selain itu, Anda tentunya harus mempersiapkan berkas-berkas badal haji agar Faraya Tours memproses permintaan Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah pendaftaran badal haji yang harus Anda lakukan melalui agen travel umroh Jogja dan gaji kawasan Sleman, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Bantul ini.

Menghubungi Faraya Tours Sebagai Biro Perjalanan Haji Jogja

Hal pertama yang harus Anda lakukan jelas adalah menghubungi dulu Faraya Tours. Anda bisa menghubungi Faraya Tours dengan chat di nomor WhatsApp 081 2929 5005 atau 0812 2220 3266. Bagi Anda yang ingin datang langsung ke kantor untuk mengurus perihal badal haji di Faraya Tours bisa datang di kantor cabang Bantul dan Sleman. Berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Biro Umroh Jogja yang Terbaik dan Terpercaya

  • Kantor cabang Bantul: Puri Wirokerten Asri, Glondong, Wirokerten Banguntapan.
  • Kantor cabang Sleman: Sambiroto Asri D4 Sambiroto, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menyerahkan Dokumen Kebutuhan Badal Haji

Langkah selanjutnya dari pendaftaran ba’dal haji di Faraya Tours adalah penyerahan berkas kebutuhan badal. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus Anda persiapkan untuk permohonan badal haji.

  • Kartu keluarga orang yang ingin Anda badalkan beserta KTP-nya.
  • Foto dengan latar putih dengan ukuran 4×6 dan 3×4.
  • Surat kuasa, lembar validasi, dan surat pernyataan dari bank.
  • Lampiran surat kesehatan, akta nikah, akta lahir, dan ijazah.

Membayar Biaya Badal Haji dan Penerimaan Sertifikat

Setelah urusan pemberkasannya selesai, Anda bisa membayarkan biaya badal haji kepada Faraya Tours. Lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk yang tersedia dan konfirmasikan bahwa Anda sudah selesai membayar biaya badalnya. Dengan demikian, Faraya Tours bisa segera memproses permohonan badal haji Anda.

Pada tahap ini, Anda juga akan mengisi kontak yang akan mendapatkan update tentang proses badal haji. Selain itu, Anda juga perlu menyertakan alamat untuk pengiriman sertifikat bila tidak ingin mengambil sendiri sertifikatnya di kantor Faraya Tours.

Demikianlah pembahasan dari ba’dal haji yang bisa Anda ketahui. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut terkait badal haji dari Faraya Tours bisa langsung menghubungi nomor tertera. Namun, bagi Anda yang tinggal di sekitaran Gunungkidul, Sleman, Kulon Progo, dan Bantul bisa berkunjung langsung ke kantor Faraya Tours yang terletak di Wirobrajan.

Tentang Kami

Faraya Tours merupakan nama brand yang bergerak di bidang jasa pariwisata yang bernaung di bawah badan hukum  PT NASHIFA ERA WIJAYA

Alamat Kantor